Friday, December 30, 2005

Project Raptor hadiah dari Oracle di penghujung tahun 2005


Project Raptor saat ini sudah keluar sebagai "An Early Adopter release", project ini merupakan GUI yang dapat digunakan untuk melihat object database, menjalankan SQL statment dan SQL script, mampu mengedit dan men-debug PL/SQL statment. Dan juga dapat juga untuk menghasilkan report, membuat dan menyimpannya.

"An Early Adopter release" merupakan release pertama untuk public yang keluar disaat penghujung tahun 2005, saat ini sudah dapat didownload untuk Windows dan Linux (Release untuk Mac OS X direncanakan akan di support pada release berikutnya). Dimana Project Raptor dapat digunakan untuk connect ke database versi 9.2.0.1 dan atau yang lebih baru. Hingga saat ini tidak sedikit oracle fans mencoba membandingkan Project Raptor dengan TOAD, PLSQL Developer, TORA, DBArtisan, dll. Memang pada release pertama ini belum dapat di sejajarkan dengan product-product diatas, namun besar harapan bisa mengisi kekosongan, karena sebelumnya Oracle hanya mengandalkan SQL*Plus dan OEM. Ya mudah-mudahan saja tool ini bisa bermanfaat, dan syukur kita bisa memperolehnya dengan FREE. Support untuk release ini bisa didapatkan melalui "OTN Discussion Forum".
Dengan ukuran file installasi sebesar 60 MB, memang bukan ukuran yang kecil mengingat project ini dibuat base on Java, dan koneksi melalui JDBC Thin Driver, dan di bundel bersamaan dengan JRE runtime. Yang kurang di mengerti adalah mengapa JRE runtime harus di bundel menjadi satu dengan Project Raptor, mengapa tidak di pisahkan saja, untuk mengemat bandwidth bagi yang sebelumnya sudah memiliki JRE runtime.

Release berikutnya dijadwalkan akan di release pada awal tahun 2006, Ok!... kita tunggu saja feature apalagi yang akan diberikan oleh Project Raptor.

Jika anda sudah menggunakan Project Raptor, silahakan berikan commentar dan sharing dengan yg lain

0 Comments:

Post a Comment

<< Home